Philanthropy and hospital financing

Meski jurnal ini diterbitkan puluhan tahun lalu, namun pesan yang disampaikan peneliti menarik untuk disimak, karena terkait dengan rumah sakit. Studi ini diterbitkan pada Desember 1995 dam dimuat dalam jurnal Health Service Research. Tema yang diangkat yaitu pembiayaan RS dan filantropi.  Penelitian ini mengeksplorasi hubungan antara sumbangan ke rumah sakit nirlaba, pengembalian yang diberikan oleh rumah sakit ini, dan upaya penggalangan dana. Ini menguji model perilaku rumah sakit dan membahas debat sebelumnya tentang harga pasokan sumbangan. Sumber data utama adalah rekaman data Perencanaan Keuangan Negara Bagian California dari laporan keuangan rumah sakit untuk tahun fiskal 1980/1981 hingga 1986/1987. Data lengkap tersedia untuk 160 rumah sakit. Tiga persamaan struktural (donasi, pengembalian, dan penggalangan dana) diperkirakan sebagai sistem yang menggunakan efek-tetap, penampang lintang gabungan, serta time-series least square regression.

Reportase Seminar Filantropi Kesehatan Software Development Crowdfunding Untuk Mendukung Rumah Sakit Non Profit

seminar filantropi kesehatanPembiayaan kesehatan merupakan topik yang hangat dibahas saat ini, terlebih sejak memasuki era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Isu - isu yang sering diangkat terkait topik tersebut diantaranya defisit dana di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJSK), sumber dana kesehatan yang dirasa kurang, keterbatasan peran pemerintah (berhubungan dengan kebijakan perpajakan), dan persoalan equity. Salah satu pihak yang sangat merasakan dampak dari permasalahan ini adalah rumah sakit. Aliran dana dan perkembangan infrastruktur maupun Sumber Daya Manusia (SDM) rumah sakit tidak dapat berjalan dengan baik. Menanggapi permasalahan tersebut, Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) Universitas Gadjah Mada (UGM) menginisiasi melakukan inovasi digital berbasis filantropi sebagai solusi alternatif pendanaan rumah sakit.

Potensi Filantropi Rumah Sakit yang Belum Tersentuh

Di seluruh negeri, rumah sakit menghadapi tantangan dalam menemukan strategi baru untuk memenuhi kebutuhan modal di era penyusutan margin operasi. Khusus untuk rumah sakit komunitas nirlaba, solusinya ditemukan di filantropi. Filantropi dulunya hanya "menyenangkan untuk dimiliki," tetapi diskusi tentang peran dan keharusan strategisnya sekarang dapat disimpan secara teratur di rumah sakit. Lebih banyak lembaga memasukkan ekspektasi eksplisit penggalangan dana ke dalam perencanaan keuangan mereka dan sekarang menganggap penggalangan dana sebagai "keharusan" untuk bertahan hidup. Makalah ini membahas mengapa filantropi diperlukan, tantangan yang dihadapi rumah sakit, dan institusi apa yang harus dilakukan untuk membangun budaya internal yang mendukung keharusan baru ini.

About Us

Pengembangan filantropis di sector kesehatan, memerlukan pendekatan dimana filantrofis dikaji secara ilmiah dan menjadi bagian system pembiayaan. Secara akademisi, konsep dan teori filantropis di sector kesehatan perlu dikaji, diteliti, dan disebarkan secara luas ke seluruh Indonesia

Connet With Us