Philanthropy and hospital financing

Meski jurnal ini diterbitkan puluhan tahun lalu, namun pesan yang disampaikan peneliti menarik untuk disimak, karena terkait dengan rumah sakit. Studi ini diterbitkan pada Desember 1995 dam dimuat dalam jurnal Health Service Research. Tema yang diangkat yaitu pembiayaan RS dan filantropi.  Penelitian ini mengeksplorasi hubungan antara sumbangan ke rumah sakit nirlaba, pengembalian yang diberikan oleh rumah sakit ini, dan upaya penggalangan dana. Ini menguji model perilaku rumah sakit dan membahas debat sebelumnya tentang harga pasokan sumbangan. Sumber data utama adalah rekaman data Perencanaan Keuangan Negara Bagian California dari laporan keuangan rumah sakit untuk tahun fiskal 1980/1981 hingga 1986/1987. Data lengkap tersedia untuk 160 rumah sakit. Tiga persamaan struktural (donasi, pengembalian, dan penggalangan dana) diperkirakan sebagai sistem yang menggunakan efek-tetap, penampang lintang gabungan, serta time-series least square regression.

Hasil estimasi mengungkapkan hubungan positif yang diharapkan antara donasi dan pengembalian. Hubungan terbalik antara pengembalian dan sumbangan tidak signifikan. Perkiraan pengaruh penggalangan dana pada donasi tidak jauh berbeda dari nol, dan efek donasi pada penggalangan dana negatif. Penggalangan dana dan pengembalian dikaitkan secara negatif satu sama lain.

Kesimpulan yang diperoleh yaitu hasil empiris yang disajikan di sini menunjukkan hubungan donasi-pengembalian positif dan konsisten dengan harga pasokan positif untuk sumbangan. Rumah sakit tampaknya melihat timbal balik antara memberikan pengembalian dan meminta sumbangan, tetapi donor tidak merespons sama terhadap kedua kegiatan ini. Upaya untuk meningkatkan arus kas bebas melalui perluasan pengembalian masyarakat atau kegiatan penggalangan dana, setidaknya dalam jangka pendek, tidak mungkin menjadi strategi pembiayaan yang sangat sukses bagi banyak rumah sakit.

Selengkapnya 

About Us

Pengembangan filantropis di sector kesehatan, memerlukan pendekatan dimana filantrofis dikaji secara ilmiah dan menjadi bagian system pembiayaan. Secara akademisi, konsep dan teori filantropis di sector kesehatan perlu dikaji, diteliti, dan disebarkan secara luas ke seluruh Indonesia

Connet With Us