Reportase  Aksi Sosial Melalui Program “Komitmen Menebar Kebaikan”:  Kunjungan Yayasan Diferensia (Bandung) ke RS Islam Yogyakarta PDHI

Reportase Aksi Sosial Melalui Program “Komitmen Menebar Kebaikan”: Kunjungan Yayasan Diferensia (Bandung) ke RS Islam Yogyakarta PDHI

PKMK – Yogyakarta. Pada Kamis, 23 September 2021, Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK – KMK) Universitas Gadjah Mada (UGM) memfasilitasi Yayasan Diferensia dalam melaksanakan program “Komitmen Menebar Kebaikan”. Aksi sosial ini dijalankan dalam bentuk membagikan lunch box/ makan siang khusus untuk penunggu pasien di bangsal kelas III RS Islam Yogyakarta PDHI.

Yayasan Diferensia merupakan lembaga nirlaba yang bergerak di bidang Kesehatan dengan pendekatan wirausaha sosial kesehatan dalam meningkatkan kapasitas melalui pemberdayaan masyarakat. Di saat pandemi COVID-19, Yayasan Diferensia telah melakukan beberapa program untuk membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi dengan aksi urun dana, serta melibatkan para pekerja UMKM di Bandung dan sekitarnya.

“Komitmen Menebar Kebaikan” pada 2021 adalah rangkaian road trip Yayasan Diferensia selama sepuluh hari, dimulai sejak 20 September lalu di Bandung. Program yang dijalankan diberi nama kindpacker, dimana secara estafet akan membantu masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19 melalui aksi sosial kapan pun dan dimanapun. Kegiatan ini juga termasuk berkunjung kepada mitra Yayasan Diferensia di beberapa tempat.

Tim Yayasan Diferensia yang diwakili oleh Dian Chaerani (Direktur Program), Muhammad Fadhli (Koordinator Riset dan Social Impact), Mardi Hendra (Direktur Marketing), dan Isti Halimah Rosanti (Tim Program Strategic Department) berkolaborasi dengan Tim Filantropi Kesehatan PKMK FK – KMK UGM disambut oleh perwakilan Tim Peduli RS Islam Yogyakarta PDHI, Ustadz Halim, membagikan 100 lunch box kepada para penunggu pasien di kelas III sekaligus penunggu pasien pasien rawat jalan di unit hemodialisa.

Usai aksi sosial yang dilaksanakan di Yogyakarta, Yayasan Diferensia berkunjung ke PKMK FK – KMK UGM dan disambut oleh Team Leader Filantropi Kesehatan PKMK FK – KMK UGM, dr. Jodi Visnu, MPH. Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi singkat terkait potensi kolaborasi yang dapat dilaksanakan dan alternatif solusi pendanaan agar bisa tetap mempertahankan sustainabilitas program. Ke depannya, PKMK FK – KMK UGM akan memfasilitasi Yayasan Diferensia dalam audiensi kepada beberapa instansi, salah satunya adalah Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, untuk semakin melebarkan sayap dalam memberikan manfaat kepada masyarakat luas.

Reporter: Ainun Hanin