Layanan Crowdfunding Diluncurkan, UMKM Bisa Dapat Dana Rp 74 T

Layanan Crowdfunding Diluncurkan, UMKM Bisa Dapat Dana Rp 74 T

Berita

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) resmi meluncurkan layanan urun dana baru atau penawaran efek berbasis teknologi yang disebut Securities Crowdfunding (SCF). Tujuannya untuk penggalangan dana yang cepat dan mudah buat UMKM yang belum tersentuh bank.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengatakan nilai penggalangan dana tersebut berpotensi mencapai Rp 74 triliun. Nilai tersebut berasal dari total nilai proyek pemerintah yang diperuntukkan bagi 160.000 UMKM yang ada di Indonesia.

“Potensinya untuk proyek-proyek elektronik dengan pemerintah itu Rp 74 triliun jumlahnya dan melibatkan sekitar 160.000 UMKM. Ini potensi yang besar untuk kita raising fund di pasar modal,” kata Wimboh dalam acara pembukaan perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI) 2021 yang dilihat virtual, Senin (4/1/2021).

Wimboh menjelaskan UMKM bisa menggalang dana di pasar modal dengan mengandalkan jaminan dari proyek pemerintah yang bersifat aman (secure). Di samping itu, SCF diharapkan bisa menjadi peluang investasi baru bagi investor, terutama anak muda yang memiliki dana investasi terbatas. Investasi maupun penggalangan dana menggunakan SCF dilakukan dengan platform digital sehingga memudahkan prosesnya.

“Ini bagus karena sekarang anak-anak muda yang biasanya piknik, spending, ini ruang piknik dan spending terbatas sehingga silakan uangnya dimasukkan di pasar modal melalui investasi ritel yang kita ciptakan dengan semua elektronik, tidak perlu hadir fisik, menggunakan internet silakan. IPO-nya pun secara elektronik dan investasinya bisa melalui elektronik,” ucapnya.

SCF itu dinaungi oleh Asosiasi Layanan Urun Dana Indonesia (ALUDI) yang akan memberikan pendampingan dan perlindungan kepada investor dan melakukan penertiban jika kemudian hari ada pelanggaran market conduct.

“Kita siap bersama pemangku kepentingan lainnya untuk melakukan edukasi kepada masyarakat di daerah-daerah terutama kaum milenial,” tandasnya.

Sumber: detik.com