Peranan Pokja Filantropi Kesehatan sebagai Mediator Kemitraan: Bagaimana Peluang Kerja Sama FK – KMK UGM dengan doctorSHARE dalam Memaksimalkan Pelayanan Kesehatan di Area Terpencil?

Reportase

Yogyakarta – Pada Selasa, 6 Juli 2021, Pokja Filantropi Kesehatan Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK – KMK) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta menyelenggarakan sharing kemitraan secara telekonferensi, sebagai mediasi antara doctorSHARE Foundation (Yayasan Dokter Peduli) dan Dekanat FK – KMK UGM sebagai tindak lanjut dalam penggalian potensi kemitraan. Acara ini dimoderatori oleh dr. Jodi Visnu, MPH. selaku team leader Pokja Filantropi Kesehatan.

Yayasan Dokter Peduli, atau yang lebih dikenal sebagai doctorSHARE Foundation, adalah organisasi nirlaba yang sejak 2009 telah melayani ±100 ribu penduduk di area terluar dan terpencil. Di bawah arahan patron dr. Lie Agustinus Dharmawan, Ph.D., Sp.B., SpBTKV, doctorSHARE mengembangkan sistem rumah sakit apung (floating hospital) pertama yang menjangkau pelosok Indonesia.

Fokus doctorSHARE adalah pada layanan kesehatan serta bantuan kemanusiaan yang telah memiliki tiga program utama yaitu (1) outreach programs, (2) long-term program, serta (3) disaster response, health promotion, and junior doctor program. Pada momentum di awal pandemi COVID-19, doctorSHARE pun turut berpartisipasi dalam pemberian akses layanan kesehatan khususnya bagi pasien non-COVID-19 di area terisolir.

Saat ini, doctorSHARE menghadapi beberapa kendala, salah satunya yakni berkurangnya sukarelawan tenaga medis. Perwakilan doctorSHARE, Bapak Tutuk Utomo Nuradhy sebagai Vice Managing Director beserta Risa Pratomo sebagai Team Leader for Corporate and Donors Relation Department berharap agar sharing kemitraan ini dapat membuka peluang kerja sama dengan FK – KMK UGM dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat hingga ke daerah terpencil, khususnya di wilayah Kepulauan Riau, Sulawesi Tenggara, NTT, NTB, dan Maluku sebagai fokus area kerja doctorSHARE tahun ini.

Dekan Fakultas Kedokteran UGM, Prof. dr. Ova Emilia, MMedEd., SpOG.(K), Ph.D., menyambut baik peluang kerja sama dan berharap dapat berdiskusi lebih lanjut terkait operasional. Wakil Dekan Bidang Kerja Sama, Alumni, dan Pengabdian Masyarakat, dr. Mei Neni Sitaresmi, Sp.A.(K), Ph.D., menambahkan bahwa perlu dibuat MoU untuk sukarelawan dari FK – KMK UGM semisal PPDS mandiri serta dokter muda.

Wakil Dekan Bidang Penelitian dan Pengembangan, dr. Yodi Mahendradhata, M.Sc., Ph.D., FRSPH, melihat adanya potensi kerjasama yang bisa terbentuk dalam bidang penelitian. Pihaknya  menambahkan bahwa terdapat beberapa institusi jejaring FK – KMK UGM, semisal di Jayapura dan kota lainnya di tengah dan timur Indonesia, yang memungkinkan untuk bekerja sama.

Tutuk menambahkan bahwa doctorSHARE akan membantu kepengurusan izin para tenaga medis dan berkoordinasi lebih lanjut untuk memberangkatkan tim yang siap. Diharapkan, kolaborasi ini dapat terwujud dan berkelanjutan sehingga kerja sama antarinstitusi akan berpotensi dalam peningkatan kualitas kesehatan masyarakat hingga ke pelosok Indonesia.

Reporter: Ainun Hanin