Yayasan Bill Gates Siap Gelontorkan Rp 18 Trilyun untuk Hapus Polio

Yayasan Bill Gates Siap Gelontorkan Rp 18 Trilyun untuk Hapus Polio

Berita

Yayasan filantropi yang didirikan Bill Gates dan Melinda French, Bill & Melinda Gates Foundation, akan menggelontorkan uang senilai 1,2 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 18 triliun (kurs Rp 15.467,00) untuk menghapus wabah polio di seluruh dunia. Hal ini diumumkan di acara World Health Summit di Berlin, Jerman, pada Senin (17/10).

Dana tersebut digunakan untuk mengimplementasikan strategi Global Polio Eradication Initiative (GPEI) pada 2022 hingga 2026. Rencana itu akan mengakhiri virus polio di Pakistan dan Afghanistan, dua negara endemik polio terakhir menurut pernyataan Gates Foundation.

Selain penghapusan wabah, uang juga akan digunakan untuk menghentikan wabah varian baru dari virus polio. Rencana GPEI 2022-2026 tersebut termasuk diantaranya adalah mengintegrasikan kampanye polio ke dalam layanan kesehatan yang lebih luas, sambil meningkatkan penggunaan vaksin polio oral tipe 2 (nOPV2).

“Pemberantasan polio dalam jangkauan. Namun sejauh yang kami ketahui, penyakit ini tetap menjadi ancaman. Bekerja sama, dunia dapat mengakhiri penyakit ini.” Menurut paparan pada laman webnya telah menyumbangkan hampir 5 miliar dolar AS (sekitar Rp 77 triliun) untuk inisiatif pemberantasan polio.

GPEI sendiri telah bekerja sejak 1988 untuk menghapus wabah polio. Mereka berhasil mengurangi kasus polio sebanyak 99 persen dan mencegah 20 juta kasus paralisis polio.

Gates Foundation mengatakan bahwa gangguan dalam imunisasi rutin, misinformasi vaksin, kerusuhan politik, dan banjir tragis di Pakistan pada 2022 telah menggarisbawahi kebutuhan mendesak untuk menyelesaikan pekerjaan melawan polio.

Belum lagi ditambah kemunculan kasus polio di negara non-endemik, seperti Inggris dan AS. Malawi dan Mozambik juga melaporkan kasus polio liar di negaranya pada tahun ini.

“Langkah terakhir untuk pemberantasan sejauh ini adalah yang terberat. Tetapi yayasan kami tetap didedikasikan untuk masa depan bebas polio, dan kami optimis bahwa kami akan segera melihatnya, ”kata CEO yayasan, Mark Suzman.

Sumber: https://kumparan.com/kumparansains/yayasan-bill-gates-siap-gelontorkan-rp-18-t-untuk-hapus-polio-1z4bdMnJo8w/2