Reportase Seminar Filantropi Kesehatan: Philanthropy for SDG’s

Reportase Seminar Filantropi Kesehatan: Philanthropy for SDG’s

Pada  2 Februari, PKMK FK – KMK UGM menyelenggarakan seminar yang bertajuk “Peranan Filantropi Kesehatan dalam Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan”, seminar 1 hari ini bertujuan untuk Mengidentifikasi keterlibatan filantropi dalam sektor kesehatan untuk mengimplementasikan agenda SDGs 2030. Kegiatan seminar online ini dihadiri oleh lebih dari 50 peserta yang berpartisipasi via Zoom dan Youtube live.

Sesi 1 seminar yang berlangsung dari pukul 09.00 WIB hingga 10.20 WIB diisi dua pembicara yaitu dr. Vivi Yulaswati MSc serta dr. Jodi Visnu MPH. Sesi ini dikhususkan untuk membahas Lingkup Filantropi Kesehatan dalam SDGs secara umum.  Presentasi Dr. Vivi mengenai Peranan Filantropi dalam SDGs menjelaskan bahwa filantropi memiliki dampak yang besar dalam pencapaian SDGs di Indonesia, terutama dalam sektor kesehatan. Tidak hanya itu, jumlah dari institusi maupun kegiatan yang dilaksanakn turut meningkat. Peranan Institusi filantropi yang bergerak di bidang kesehatan didukung oleh pemerintah dengan kerangka regulasi yang makin lengkap seperti 11 undang – undang atau peraturan pemerintah, UU Nomor 22 Tahun 2001 mengenai CSR. Digitalisasi, seperti platform crowd-funding, turut mempermudah kegiatan. Pembicara kedua, dr. Jodi Visnu berbicara mengenai Potensi Filantropi Kesehatan untuk Pembangunan Bangsa yang menggarisbawahi peran kesehatan yang esensial dalam pembangunan negara. Filantropi sebagai salah satu pilar dari SDGs kesehatan memiliki peran yang sangat besar, terutama di Indonesia. SDG’s memiliki jaringan koneksi antar satu poin dengan poin yang lain, maka poin 3 (kesehatan yang baik) turut didukung poin 2 (tanpa kelaparan), poin 5 (kesetaraan gender), dan poin 6 (air bersih dan sanitasi)

Di sesi kedua yang bertajuk Kolaborasi Lintas Sektor untuk Mendukung Filantropi Kesehatan , terdapat 3 narasumber yang menyampaikan materi. Sesi 2 jam ini diawali oleh drg. Kartini Rustandi, M. Kes yang menerangkan topik kebijakan filantropi kesehatan dalam Kementrian Kesehatan. Sesi dilanjutkan oleh perwakilan Kementrian PPN/Bappenas, Pungkas Bahjuri Ali, STP., M.S., PhD.,yang memberikan materi Implementasi SDGs dalam Kesehatan untuk Peningkatan Kualitas Gizi Masyarakat. Sesi ditutup oleh Ir. Trihadi Saptoadi, MBA dengan materi berjudul Kemitraan Lintas Sektor dalam Bidang Filantropi Kesehatan menuju Agenda SDGs 2030. Kegiatan ditutup dengan diskusi dan tanya jawab.

Materi presentasi dapat diunduh di https://filantropikesehatan.net/web/seminar-filantropi-kesehatan-filantropi-dan-sustainable-development-goals-sdgs/.